Kali ini penulis ingin berbagi terkait contoh soal Ujian Tengah Semester (UTS) Genap Tahun Akademik 2018/2019 untuk mata kuliah Pengembangan Aplikasi Bergerak. Simak soalnya!
Referensi:
Contoh soal Ujian Tengah Semester (UTS)
- Bahasa pemrograman yang digunakan pada Android Studio adalah bahasa...
- Android
- C++
- Python
- Java
- Build system pada Android Studio dikenal dengan istilah...
- Builder
- Bundle
- Compiler
- Gradle
- Setiap elemen yang ditampilkan pada layar aplikasi kita pada dasarnya adalah sebuah hirarki dari kelas/object yang disebut...
- View
- Component
- Element
- Interface
- Dibagian manakah seharusnya kita meletakkan icon Launcher dari aplikasi Android yang sedang kita bangun...
- Layout
- Drawing
- Mipmap
- Values
- Pada folder di Android studio terdapat 3 buah subfolder utama yaitu Manifest, Java, dan Res. File kode utama yang berisi perintah/algoritma/logic dari aplikasi kita biasanya akan tersimpan di subfolder…
- Manifests
- Java
- Res
- Jawaban a-c tidak ada yang benar
- Pada folder app di Android studio, terdapat 3 buah subfolder utama yaitu Manifest, Java dan Res. File desain UI dari aplikasi kita biasanya akan tersimpan di subfolder...
- Manifests
- Java
- Res
- Tidak ada jawaban yang benar
- File layout UI dari aplikasi kita akan disimpan dalam format…
- .gradle
- .html
- .java
- .xml
- Apabila kita ingin gambar (bukan gambar icon) pada layar aplikasi kita, maka gambar tersebut paling tepat Jika disimpan pada folder…
- drawable
- layout
- mipmap
- values
- Apabila kita melakukan ekstraksi tulisan yang berupa teks seperti tulisan “Hello word!” menjadi sebuah resource, maka resource tersebut akan tersimpan pada file…
- colors.xml
- dimens.xml
- strings.xml
- styles.xml
- Apabila kita melakukan ekstraksi tulisan yang berupa ukuran seperti tulisan “10sp” menjadi sebuah resource, maka resource tersebut akan tersimpan pada file…
- colors.xml
- dimens.xml
- strings.xml
- styles.xml
- Untuk mengetes program/aplikasi Android kita di smartphone, maka smartphone harus diatur agar berada dalam mode/option…
- Developer
- Programmer
- Tester
- User
- [Benar/Salah] Untuk melakukan coding menggunakan Android studio, diharuskan komputer/laptop yang digunakan terkoneksi dengan internet.
- Benar
- Salah
- Pernyataan yang benar dari potongan kode diatas adalah...
- layout_marginBottom adalah elemen
- “Dial Number” adalah atributb
- “@dimen/margin_b” adalah value/nilai
- Tidak ada jawaban yang benar
- Kode di bagian string.xml yang paling paling bersesuaian dengan kode pada baris ke-4 adalah…
- <string name=”text_hasil”>sebuah text</string>
- <string value=”text_hasil”>Sebuah text</string>
- <string value=”sebuah text”>text_hasil</string>
- <string name=”sebuah text”>text_hasil</string>
- Berikut ini yang merupakan komponen view yang dapat berisikan komponen view yang lain adalah…
- EditText
- ImageView
- ScrollView
- TextView
- Berikut ini yang merupakan komponen view yang biasanya digunakan untuk menghandle event onClick adalah…
- Button
- ScrollView
- Switch
- TextView
- Pada saat mengatur komponen button, jika kita ingin lebar dari button sesuai dengan ukuran lebar pada button tersebut, maka sebaiknya atribut layout_width diisi dengan nilai…
- 0dp
- 10dp
- match_parent
- wrap_content
- Ada tiga cara yang bisa kita gunakan untuk membuat dan mengkonfigurasi sebuah view pada aplikasi Android kita, kecuali:
- Menggunakan layout editor pada Android Studio
- Mendefinisi dan konfigurasi melalui file manifest
- Mendefinisikan dan konfigurasi melalui file xml (Misal: MoveActivity.xml) dari layout aplikasi Android
- Membuat dan mengkonfigurasi view melalui kode di aplikasi yang kita buat.
- Yang tidak termasuk view group dari pilihan di bawah ini adalah...
- ScrollView
- LinearLayout
- RecyclerView
- TextView
- Perintah “Extract string resources” bertujuan untuk…
- Melihat dimanakah string tersebut digunakan
- Memanage string-string yang digunakan di aplikasi
- Menghapus string yang tidak digunakan di aplikasi
- Mengubah nilai string
- Apabila kita ingin layout UI kita hanya berisikan view-view yang berjajar dalam satu kolom secara vertikal, maka sebaiknya kita menggunakan layout…
- ConstraintLayout
- TableLayout
- LinearLayout
- RelativeLayout
- Saat kita mengcopy folder project Android dan mengganti nama folder Project tersebut, biasanya Project tersebut akan gagal pada saat akan dijalankan. Agar proyek tersebut dapat dijalankan, maka yang harus kita lakukan adalah…
- Debug
- Inspect code
- Refactor
- Reformat code
- [Benar/Salah] Kita dapat menggunakan tag HTML pada text yang akan kita tampilkan pada layar Android.
- Benar
- Salah
- Hanya berdasarkan potongan kode program diatas pernyataan yang benar adalah...
- AppCompatActivity adalah abstract class
- MainActivity adalah superclass dari AppCompatActivity
- View.OnClickListener adalah subclass dari MainActivity
- View.OnClickListener adalah sebuah interface
- Satuan ukuran yang paling tepat untuk semua View pada aplikasi Android adalah...
- dp
- px
- in
- mm
- Event handler saat pointer menekan (click) pada sebuah view bisa dilakukan di dua tempat (pendekatan), yaitu pada xml file dan pada kode Java. Jika kita ingin membuat penanganan sebuah event (misal klik sebuah tombol) di file xml maka yang harus kita lakukan adalah...
- Melakukan override method OnClick
- Menambahkan atribut OnClick pada tahun tombol dan mengisi nilainya dengan nama method yang akan didefinisikan pada kode Java.
- Mengimplementasi metode yang ada pada interface onClicklistener
- Tidak ada jawaban yang benar
- btnMove = ( Button ) findViewById (R.id.btn_move_activity);
- Pernyataan yang digaris bawahi dari potongan kode diatas bertujuan untuk...
- Melakukan typecasting pada tipe yang bersesuaian
- Memastikan bahwa objek yang berada di kanan dan kiri operator sama dengan (=) memiliki tipe yang sama
- Jawaban a dan b benar
- Tidak ada jawaban yang benar
- Pernyataan yang salah mengenai activity adalah...
- Activity adalah sebuah application component
- Activity adalah sebuah view
- Sebuah activity merepresentasikan sebuah jendela
- Satu activity mempunyai satu java kelas yang bersesuaian
- Berikut ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan oleh intens, kecuali…
- Membuild sistem sistem agar aplikasi dapat dijalankan
- Meminta aplikasi kita untuk membuka aplikasi lain
- Memulai sebuah aktivitas baru dari aktivitas saat ini
- Mengirim data antar aktivitas
- Untuk mendeklarasikan bahwa sebuah aktivitas adalah parent dari aktivitas lainnya, hal ini dilakukan pada...
- activity_main.xml
- AndroidManifest.xml
- MainActivity.java
- settings.gradle
- Kode di diatas menu di atas menunjukkan pendefinisian intent secara...
- Implicit
- Explicit
- Implicit maupun explicit
- Bukan untuk keduanya
- Untuk memilih sebuah activity class sebagai tujuan (parameter) dari Intent (explicit intent), bisa dilakukan dengan cara berikut kecuali...
- Menggunakan konstruktor dari Intent dan memilih activity class tujuan
- Memanggil method setComponent()
- Memanggil method setComponentName()
- Menggunakan konstruktor dari Intent tanpa memilih activity class tujuan
- Sedangkan untuk menggunakan implicit intent kita bisa memulainya dengan cara...
- Menggunakan konstruktor dari Intent dan memilih activity class tujuan
- Memanggil method setComponent()
- Memanggil method setComponentName()
- Menggunakan konstruktor dari Intent tanpa memilih activity class tujuan
- Untuk mendapatkan Intent dari sebuah Activity yang sudah didefinisikan dan dijalankan pada method startActivity(), digunakan method...
- getActivityIntent()
- getIntent()
- getData()
- getExtra()
- Apabila kita sudah mengetahui target komponen yang akan menjalankan pesan/perintah yang ingin dilakukan, maka yang paling sesuai adalah digunakan…
- explicit intent
- implicit intent
- multiple activities
- single activity
- State pertama dan tiap aktivitas pada aplikasi Android kita adalah…
- Created
- Resumed
- Started
- Stopped
- Jika kita keluar dari aktivitas utama pada aplikasi Android kita, maka method yang akan dipanggil adalah...
- onDestroy()
- onPause()
- onResume()
- onStop()
- Secara default, apakah apabila kita mengubah orientasi device kita dari portrait ke landscape, beberapa nilai dari variabel di program kita akan kembali ke nilai default. Hal ini terjadi karena aplikasi memanggil method…
- onDestroy()
- onPause()
- onResume()
- onStop()
- Untuk menghindari terjadinya kehilangan data pada saat aktivitas di program Android kita secara tidak sengaja di-destroyed atau di-recreated maka kita sebaiknya mengimplementasikan metode…
- onActivityResult()
- onDestroy()
- onRestart()
- onSaveInstanceState()
- Method onSaveInstance() akan dipanggil antara pemanggilan method... dan method…
- onPause(), onStop()
- onResume(), onPause()
- onStop(), onDestroy()
- onStop(), onRestart()
- Untuk mengambil/membaca isi bandel yang sebelumnya disimpan pada saat pemanggilan method onSaveInstanceState(), biasanya dilakukan di method…
- onCreate()
- onPause()
- onResume()
- onStart()
- Untuk membuka sebuah url pada sebuah web browser (belum ditentukan web browsernya), maka dapat diimplementasi…
- explicit intent
- implicit intent
- inside intent
- outside intent
- Jika aplikasi kita ingin melakukan share artikel ke media sosial (belum ditentukan web browsernya), maka dapat diimplementasi…
- explicit intent
- implicit intent
- inside intent
- outside intent
- Apabila kita menginginkan agar aplikasi kita dapat merespon implicit intent yang dikirim oleh aplikasi lain, maka kita harus mendefinisikan intent filter pada bagian…
- activity_main.xml
- AndroidManifest. xml
- MainActivity.java
- settings.gradle
- Untuk melakukan proses debugging seperti mengecek nilai sebuah variabel pada aplikasi Android yang sedang kita kembangkan, maka fitur dari Android studio yang dapat kita gunakan adalah...
- Logcat
- Sync
- Terminal
- TODO
- Fungsi breakpoint pada saat dilakukan debugging adalah tempat dalam kode yang Anda inginkan untuk menghentikan sementara eksekusi normal aplikasi untuk melakukan tindakan lainnya seperti memeriksa variabel-variabel atau mengevaluasi ekspresi, atau mengeksekusi kode setiap baris untuk menentukan penyebab kesalahan waktu proses. (Benar/Salah)
- Benar
- Salah
- Salah satu jenis pengujian yang didukung oleh Android Studio adalah...
- Penguji integrase
- Penguji unit
- Penguji usabilitas
- User Acceptance Testing (UAT)
- Jika kita ingin melompat ke eksekusi panggilan metode pada baris saat ini (dibandingkan dengan hanya mengeksekusi metode tersebut dan sisanya pada baris yang sama), maka kita bisa menggunakan opsi debugging...
- Step Over
- Step Into
- Step Out
- Clean Project
- Pengujian yang dijalankan pada perangkat Android atau emulator disebut dengan pengujian...
- Pengujian perangkat keras
- Pengujian device
- Pengujian instrumentasi
- Pengujian usabilitas
- Salah satu framework unit testing yang bisa digunakan untuk melakukan pengujian unit pada kode Java adalah…
- JUnit
- Laravel
- Bootstrap
- Maven
<Button android:id=”@+id/btn_dial_number”
android:layout_marginBottom=”@dimen/margin_b”
android:text=”@string/text_hasil” />
Intent messageIntent = new Intent(this, ShowMessageActivity.class);
Referensi:
Lembar soal kuliah Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil mata kuliah Pengembangan Aplikasi Bergerak tahun akademik 2018/2019.
Sumber gambar: Unsplash.