Kali ini penulis ingin berbagi terkait tahapan pengembangan aplikasi yang digunakan pada perangkat bergerak, berikut pembahasannya.
Aplikasi mobile dibangun dalam siklus tahapan yang sama seperti kita mengembangkan aplikasi lainnya. Semua metode dalam siklus pengembangan perangkat lunak dapat diterapkan. Metode yang dapat digunakan antara lain waterfall, prototyping, spiral, dan lain sebagainya.
Penentuan aplikasi seperti apa yang akan dibuat. Dilanjutkan dengan pengambilan data kebutuhan (requirement gathering). Penentuan aktor yakni designer, developer, client, calon pengguna dari aplikasi tersebut. Pendekatan yang dapat dilakukan diantaranya interview, FGD, kuisioner/survey.
Rancangan mendetail berdasarkan spesifikasi kebutuhan yang didefinisikan sebelumnya. Fungsional dan non fungsional, perancangan user experience, perancangan aktifitas, perancangan antarmuka.
Pada tahapan ini dilakukan proses pembuatan kode program, layout, dan implementasi antar muka, hingga program dapat berjalan sesuai hasil analisis dan perancangan yang dibuat sebelumnya.
Tahapan ini dilakukan guna menjamin bahwa implementasi aplikasi telah sesuai dengan kebutuhan yang didetailkan dalam rancangan. Perlu diujikan pada berbagai jenis perangkat.
Deploy artinya mempersiapkan versi distribusi dari aplikasi yang dilengkapi dengan informasi deskripsi, gambar icon beserta screenshoot. Sedangkan publish artinya mengunggah aplikasi yang telah dibuat ke store.
Aplikasi mobile dibangun dalam siklus tahapan yang sama seperti kita mengembangkan aplikasi lainnya. Semua metode dalam siklus pengembangan perangkat lunak dapat diterapkan. Metode yang dapat digunakan antara lain waterfall, prototyping, spiral, dan lain sebagainya.
Analisis Kebutuhan
Penentuan aplikasi seperti apa yang akan dibuat. Dilanjutkan dengan pengambilan data kebutuhan (requirement gathering). Penentuan aktor yakni designer, developer, client, calon pengguna dari aplikasi tersebut. Pendekatan yang dapat dilakukan diantaranya interview, FGD, kuisioner/survey.
Perancangan
Rancangan mendetail berdasarkan spesifikasi kebutuhan yang didefinisikan sebelumnya. Fungsional dan non fungsional, perancangan user experience, perancangan aktifitas, perancangan antarmuka.
Pengembangan
Pada tahapan ini dilakukan proses pembuatan kode program, layout, dan implementasi antar muka, hingga program dapat berjalan sesuai hasil analisis dan perancangan yang dibuat sebelumnya.
Pengujian
Tahapan ini dilakukan guna menjamin bahwa implementasi aplikasi telah sesuai dengan kebutuhan yang didetailkan dalam rancangan. Perlu diujikan pada berbagai jenis perangkat.
Deploy & Launch/Publikasi
Referensi:
Pengembangan Aplikasi Bergerak oleh ibu Septia Rani, S.T., M.Cs.
Sumber gambar: Unsplash.