Assalamualaikum Niky

Here's I share a little thing to remember

Full width home advertisement

Step by Step

Technology Nowadays

Post Page Advertisement [Top]

Desain Arsitektur MVC (Model View Controller) pada Arsitektur Perangkat Lunak (Software Architecture)

Desain Arsitektur MVC (Model View Controller) pada Arsitektur Perangkat Lunak (Software Architecture)



Hello good people!
Kali ini penulis akan membahas tentang arsitektur perangkat lunak atau yang biasa disebut dengan Software Architecture. Terdapat beberapa jenis kajian mengenai arsitektur perangkat lunak, salah satunya yaitu Model View Controller (MVC), yuk simak pembahasannya!

Salah satu pola yang paling populer dari arsitektur perangkat lunak adalah pola arsitektur Model View Controller (MVC) yang telah ada sejak lama dalam bidang keilmuan arsitektur perangkat lunak ini.


MVC membagi prosesnya menjadi 3 bagian, antara lain:
  1. Model yang bertanggungjawab pada data, fungsionalitas, dan logika bisnis dari sistem. Model menyimpan semua data yang digunakan pada sistem, merespon terhadap perintah yang diberikan oleh pengguna melalui controller dan menampilkannya pada view sebagai umpan balik.
  2. View atau tampilan, sesuai namanya view bertanggungjawab pada antarmuka pengguna yang memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan fungsi-fungsi modifikasi sesuai data yang tersimpan pada model.
  3. Controller bertanggungjawab sebagai pengendali atas perintah yang diberikan oleh pengguna melalui view terhadap pengelolaan data yang tersimpan pada model untuk nantinya ditampilkan sebagai umpan balik atau respon terhadap perintah tersebut.

Sumber gambar: Unsplash.

Bottom Ad [Post Page]