Assalamualaikum Niky

Here's I share a little thing to remember

Full width home advertisement

Step by Step

Technology Nowadays

Post Page Advertisement [Top]

Relevansi Piagam Madinah dengan Peradaban Sekarang Ini

Relevansi Piagam Madinah dengan Peradaban Sekarang Ini

Hello good people!
Kali ini kita akan membahas terkait salah satu piagam yang sangat termahsyur pada masanya, yaitu pada masa Nabi Muhammad SAW periode Madinah. Apa relevansi piagam Madinah dengan peradaban sekarang ini? Simak pembahasannya berikut ini!
Apa relevansi piagam Madinah dengan peradaban sekarang ini?

Prinsip – prinsip tersebut sangat modern untuk masa itu. Bahkan untuk dewasa ini pun tetap relevan karena nilai–nilainya yang universal. Sebab prinsip–prinsip tersebut telah menjadi tuntutan berbagai bangsa di dunia agar tegak dalam hidup bermasyarakat dan bernegara. Yaitu tatanan masyarakat yang demikian adil dan damai. Karena pada hakikatnya implementasi prinsip–prinsip tersebut merupakan penghargaan terhadap hak–hak asasi manusia dan akan menumbuhkan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan.
Piagam Madinah atau konstitusi Madinah yang dibuat untuk mempersatukan kelompok–kelompok sosial di Madinah menjadi satu umat dan mengakui hak–hak mereka demi kepentingan bersama, merupakan contoh tauladan dalam sejarah kemanusiaan dalam membangun masyarakat yang bercorak majemuk. Bahkan ide–ide dalam ketetapannya tetap mempunyai relevansi kuat dengan perkembangan dan keinginan masyarakat internasional dewasa ini dan telah menjadi pandangan hidup modern berbagai negara di dunia. Hal ini dibandingkan dengan isi berbagai piagam, konstitusi dan deklarasi hak asasi manusia yang lahir puluhan abad kemudian sesudah lahirnya Konstitusi Madinah.
Sumber gambar: Pinterest.

Bottom Ad [Post Page]